Apa Kemampuan (Skill) Yang Terlihat Remeh di Indonesia Tapi Dihargai di Luar Negeri?

reading book
Berdasarkan pengalaman bekerja di berbagai perusahaan di berbagai negara, kemampuan yang sering diremehkan oleh orang Indonesia adalah membaca

Saya mengamati bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang sangat kuat budaya lisannya dan membaca, apalagi teks yang kompleks, bukan merupakan kebiasaan masyarakat bahkan bukan kebiasaan pelajar. Membaca di sini yang saya maksud adalah membaca secara aktif, tidak hanya bisa mengeja apa yang dibaca tetapi juga bisa mensintesis atau menarik kesimpulan dari isi keseluruhan tulisan termasuk makna tersirat di baliknya, mengapresiasi tulisan dan mempertanyakan isi tulisan juga termasuk di dalam kemampuan membaca aktif.

Berikut ini yang saya amati,

  • Lebih gampang bertanya caranya mendaftar sekolah atau beasiswa dan minta dijelaskan secara lisan daripada membuka tautan yang sudah diberikan untuk dipelajari. Percaya mentah-mentah segala ‘informasi’ yang diberikan dan tidak mengecek langsung ke sumbernya.
  • Menikmati membaca konten-konten pendek 2–3 paragraf daripada esai panjang berparagraf-paragraf, bahkan 2–3 paragraf ini masih terlalu panjang dan hanya dibaca judulnya.
  • Bertanya kenapa membeli atau membaca buku terutama buku-buku teknik kalau sudah ada rangkuman dan intisari dari bukunya saja atau menunggu video tutorial.

Tentunya kebiasaan ogah membaca ini akan menyulitkan karena tidak semua negara memiliki kultur lisan yang kuat atau lebih memilih komunikasi lisan daripada membaca. Komunikasi lisan juga sangat tidak cocok untuk hal-hal teknis yang di dalamnya butuh banyak lapisan pemahaman seperti misalnya, cara merakit pesawat, cara mengoperasikan komputer arsitektur terbaru, atau mensintesis struktur kimia tertentu. Tidak ada yang akan menceritakan kepada saya bagaimana cara menggunakan berbagai perangkat pengolahan data terbaru, sebagian besar waktu saya di kantor adalah membaca manual, membaca laporan, mensintesis semua informasi tersebut ke laporan baru atau langkah-langkah lanjutan untuk perusahaan.

Membaca adalah hal yang terlihat sangat sederhana sehingga banyak diremehkan tetapi keahlian yang dibutuhkan di semua lini pekerjaan terutama yang bisa memberikan imbalan finansial tinggi.

Sumber: Quora

Post a Comment

0 Comments