Mengapa Logo Uniqlo dan Miniso Mirip? Ternyata Ini Strategi Pasar Miniso!

Mengapa Logo Uniqlo dan Miniso Mirip? Memiliki Konsep Sama tapi Berbeda Tulisannya?
Logo UNIQLO dan MINISO mirip karena itu merupakan salah satu strategi pemasarannya. Strategi
siapa? Strategi MINISO. Miniso sendiri ternyata bukan produk asli negara Jepang, melainkan produk negara Cina. Miniso menggunakan embel-embel produk Jepang supaya menarik minat pembeli.

Kasarannya Miniso meniru logo Uniqlo. Awalnya Miniso ingin menerapkan image kejejepangan dikarenakan warga Cina sendiri lebih mempercayai dan memilih untuk menggunakan produk yang berasal dari Jepang dibandingkan dari negaranya.

Produk buatan Cina memang sering diasosiasikan dengan hal-hal negatif seperti KW/non-ori, kualitas rendah, dan harga murah. Miniso mencari cara untuk menembus asosiasi tersebut. Namun, bukan dengan cara “jujur”, brand Cina ini secara terang-terangan menjiplak beberapa brand terkenal Jepang: UNIQLO, MUJI, dan Daiso.
Mengapa Logo Uniqlo dan Miniso Mirip? Memiliki Konsep Sama tapi Berbeda Tulisannya?
Sampai-sampia layout toko Miniso yang sama dengan brand Jepang MUJI. Konsep dan harga barang yang ditawarkan juga meniru toko retail serba 100 Yen Daiso.

Diawal-awal tahun didirikan, Miniso mengaku bahwa perusahaannya berpusat di Jepang yang dikepalai oleh CEO yang merupakan orang Jepang pula. Nama Junya Miyake diakui sebagai desainer Jepang yang menduduki kursi CEO. Lambat laun terbongkar bahwa kantor pusat yang diakui ada di Tokyo ternyata tidak ada. CEO-nya pun ternyata adalah seorang pengusaha muda Cina yang bernama Ye Guo Fu.

Disamping temuan tersebut, Miniso yang sudah tumbuh besar sebagai brand retailer dunia sudah mulai berkolaborasi dengan “cara yang benar”. Kolaborasi yang diusung adalah kolaborasi dengan seri kartun Cartoon Network berjudul We Bare Bears. Tersedia berbagai produk Miniso yang mengusung tema We Bare Bears, seperti earphone, totebag, plushie, dan case ponsel.

Post a Comment

0 Comments