Apa Bukti Nyata Bahwa Chat Whatsapp Kita Disadap dan Diperjualbelikan Untuk Kebutuhan Iklan?

Apa Bukti Nyata Bahwa Chat Whatsapp Kita Disadap dan Diperjualbelikan Untuk Kebutuhan Iklan?
Pengalaman ini baru saja saya alami sendiri tadi pagi dan saya lumayan shocked. Memang
sebelumnya saya sering melihat video di Youtube, dimana seseorang melakukan sebuah eksperimen untuk menguji kebenaran isu yang beredar bahwa semua data tentang diri kita digunakan untuk keperluan iklan dll. Hal ini diperkuat dengan buku yang pernah saya baca dulu yang berjudul "NO PLACE TO HIDE - Glenn Greenwald" dan beberapa buku lain yang berkaitan dengan CIA FBI dll. Dalam buku itu Edward Snowden sebagai orang yang pernah bekerja di NSA menceritakan NSA (National Security Agency) bekerja sama secara rahasia dengan Microsoft, Yahoo!, Google, Facebook, Paltalk, AOL, Skype, Youtube, dan Apple. Mereka diberi wewenang penuh untuk mengumpulkan data langsung dari server sembilan perusahaan komputer berskala internasional tersebut.

Karena membaca buku tersebut saya jadi berhati-hati dengan internet, sampai-sampai kamera pada laptop saya pun saya tutup dengan selotip *parno tingkat dewa.

Oke lanjut. Jadi tadi malam saya dan teman saya dalam percakapan absurd kami membicarakan tentang permen lolipop bermerk "chupa chups" tau kan? kira-kira seperti ini percakapan kami.
Apa Bukti Nyata Bahwa Chat Whatsapp Kita Disadap dan Diperjualbelikan Untuk Kebutuhan Iklan?
Iya itu percakapan absurd kami tadi malam. Keesokan harinya, saya membuka website Quora Indonesia untuk menulis beberapa jawaban. Alangkah terkejutnya saya pemirsa hahahaha iklan Chupa Chups tampil di layar laptop saya pada halaman Quora hehehe padahal kan penulisan permen pada chat whatsapp saya juga salah, yang harusnya Chuppa Chups malah cuma ditulis cupacup.
Apa Bukti Nyata Bahwa Chat Whatsapp Kita Disadap dan Diperjualbelikan Untuk Kebutuhan Iklan?
Well, ini membuktikan bahwa percakapan saya lewat internet tidak aman. Oke mungkin setelah ini akan ada yang komentar
"yaialah lu pake aplikasi gratis resikonya begitu"
"iya kan itu udah ada di aturan kebijakan whatsapp"
Atau segala komentar skeptis lainnya. Iya saya mengerti, tapi mungkin kalian akan lebih mengerti setelah membaca buku yang saya sebutkan di atas. Mengerikan sih. Benar-benar No place to hide, kecuali tempat yang tak ada internet ataupun tempat antah brantah.

Sumber: Quora

Post a Comment

0 Comments